Berita Umum

Kampung Asri Bantaran Rel Kereta Api

Snap 2015-07-01 at 14.43.08

Kampung kawasan Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun Kota Malang khususnya Warga RT. 01 RW.05 dipimpin oleh M. Rokhim sebagai Ketua RT , yang berpenduduk 136 jiwa atau 36 KK, berlokasi di bantaran Rel Kereta Api yang biasanya kotor / kumuh, gersang dan tidak terawat , tidak demikian kondisi lingkungan dikawasan tersebut yang asri , bersih dengan kreaktifitas warga yang telah menanam berbagai tanaman hias dan juga memiliki Bak Sampah dipinggir bantaran Rel Kereta Api.


Warga RT. 01 RW.05 Kelurahan Ciptomulyo mempercantik halaman rumah dengan tanaman hias, bukan hanya sekadar menghias dan mempercantik kawasan Kampung, memperhatikan wilayah Kelurahan Ciptomulyo adalah sebagai kawasan industri yang lingkungannya berpolusi . Dengan kesadaran Warga yang tinggi hal ini menunjukkan bahwa menempatkan tanaman di bantaran rel kereta api memiliki manfaat kesehatan mental dan fisik. Berikut ini penjelasan Ketua RT. 01 RW.05 bahwa manfaat kesehatan adanya tanaman :
• Kita menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen selama fotosintesis. Dengan menempatkan tanaman meningkatkan kadar oksigen dan menuai keuntungan dari pertukaran gas ini, , tanaman menghilangkan racun dari udara di dalam ruangan.
• Tanaman meningkatkan kadar kelembaban dan mengurangi debu di dalam rumah. Jika banyak tanaman , maka dapat meningkatkan kadar kelembaban ruangan dan membuang penyakit pernapasan.
• Meningkatkan kesehatan mental. Manfaat tanaman untuk kesehatan mental termasuk stres dan kecemasan yang berkurang, suasana hati yang lebih baik dan harga diri serta rasa peningkatan stabilitas dan kontrol lebih baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang berada di sebuah ruangan dengan tanaman mengalami penurunan hingga empat poin tekanan darah sistolik setelah mengambil tes stres, dibandingkan pada sekelompok orang di sebuah ruangan tanpa tanaman.
Dan Ketua RT. 01 RW.05 juga berbicara dengan semangat mengatakan bahwa kondisi lingkungan Rel Kereta Api di wilayah RT.01/RW. 05 Kelurahan Ciptomulyo yang ditanami berbagai tanaman hias hanya satu-satunya yang ada di wilayah Kota Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *