Berita Umum

*Wadahi Kebutuhan Disabilitas Wujud Komitmen Ciptomulyo Dukung Malang Menuju Kota Inklusif*

Ruang serbaguna bercat biru langit di Kantor Kelurahan Ciptomulyo, Kota Malang terasa begitu hidup dengan riang tawa anak-anak disabilitas yang hadir dalam kegiatan sosial dan open ceremoni penyaluran 1000 mushaf Al Quran, Rabu petang (20/4/2022). Kegiatan sarat pesan inklusi sosial tersebut digagas komunitas TurunTangan Malang Berbagi dan Waroeng Inklusi Malang bekerjasama dengan Kelurahan Ciptomulyo.
“Alhamdulillah Positif dan senang sekali bisa memfasilitasi saudara saudara kita disabilitas dalam pembagian mushaf Quran. Tadi juga ada acara baca puisi, nyanyi bareng dan tilawah”, ujar Imbar Hertika]
beliau menyebut bahwa upaya mewadahi kegiatan para penyandang disabilitas ini merupakan bentuk komitmen mendukung kebijakan Wali Kota Sutiaji mewujudkan Kota Malang yang ramah disabilitas.
Gagasan pembangunan inklusif tersebut memang telah secara substantif menjadi penekanan misi ketiga pembangunan Kota Malang dan selama ini terus dibumikan lewat serangkaian program dan kegiatan baik pada tataran kota maupun lingkup kelurahan.
Mulai dari penyelenggaraan musrenbang tematik disabilitas, pos rehabsos, terapi disabilitas, sosialisai hak-hak penyandang disabilitas, bantuan alat dan makanan, pelatihan, fasilitasi event hingga penyediaan fasilitas ramah disabilitas pada kantor-kantor publik.
Ditengah lika liku tantangan merealisasikan agenda pembangunan inklusif di Kota Malang, ada nyala asa yang terus berpendar lewat kepingan-kepingan kecil ihtiar bersama. Kontribusi besar berbagai lembaga peduli disabilitas, akademisi, dunia usaha, dan komunitas berpadu dengan makin menguatnya dukungan fasilitasi Pemkot Malang.
“meskipun kecil, tapi semangat kami ingin berkontribusi. makanya kami juga usahakan kantor, layanan dan lingkungan Ciptomulyo makin ramah difabel. ya karena kita itu sama-sama sodara”, pungkas Imbar Hertika] Lurah Ciptomulyo