Peringatan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember agaknya dilangsungkan lebih awal di Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun Kota Malang. Acara peringatan ini digelar di Aula Kelurahan Ciptomulyo Minggu (20/12). Lurah Ciptomulyo, Ir. Wahyudi Sudiono ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Peringatan ke-87 Hari Ibu tahun 2015 ini mengusung tema, “Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki dalam Mewujudkan Lingkungan yang kondusif untuk Perlindungan Perempuan dan Anak”. Lurah Ciptomulyo menuturkan, hakikat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
“Selanjutnya, PHI juga diharapkan dapat mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan,” katanya saat membenrikan sambutan.

Di lokasi yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Ciptomulyo, Dra. Trini Pudjiastuti menilai peringatan Hari Ibu bisa dijadikan sebagai momentum bagi para ibu untuk lebih eksis dalam kegiatan kaum ibu, serta berperan serta dalam pembangunan. Selain itu, para ibu juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan maupun pengetahuannya, sehingga bisa bersaing secara positif dengan kaum bapak.
“Untuk para ibu-ibu di Kelurahan Ciptomulyo, agar dapat menambah kreativitasnya, juga dengan selalu menjaga silahurrahmi yang berguna dalam menambah ilmu dan pengetahuan,” ujarnya.
Sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, kesetaraan perempuan dan laki-laki, menurutnya harus ada penghargaan dari bapak-bapak, terhadap apa yang selama ini telah dilakukan oleh para ibu di berbagai bidang.

Dalam peringatan hari ibu kali ini juga diadakan berbagai kegiatan lomba untuk memeriahkannya, diantaranya lomba senam, lomba cipta menu bahan baku umbi2an serta lomba pakaian kebaya serasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>